Headlines News :
Home » » Fitra dan Pengalaman "School Without Walls"

Fitra dan Pengalaman "School Without Walls"

Written By Yandi Mulyadi on Minggu, 16 September 2012 | 15.43



MBSN- 
Terpilih sebagai Duta Pelajar Indonesia untuk Amerika dalam program pertukaran pelajar AFS-YES atau American Field Service - Youth Exchange Student dari Kedutaan Amerika Serikat di tahun 2008 silam, Fitra Elnurianda akhirnya mewakili Indonesia untuk belajar 1 tahun di sekolah bernama "School Without Walls".

"Jadi sekolah ini semacam SMA publik dengan sistem pembelajaran berpindah-pindah atau moving class," tutur gadis berkerudung yang akrab disapa Fitra, saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Fitra mengakui belajar di sekolah tanpa dinding kelas (without wall) membuatnya tidak nyaman, ketika pertama kali menjalaninya. Akan tetapi, setelah beradaptasi dengan tempat, guru, dan teman-teman belajarnya, ia mulai menikmati sistem pembelajaran terbuka itu.

"Belajarnya tidak harus di kelas. Kadang bisa di cafe, taman, museum atau apapun. Namanya juga "tanpa dinding" jadi bisa dimana-mana. Seru sih, jadi nggak ngebosenin kelasnya. Bebas," kata Fitra lagi.

Ditanya soal perbedaan dengan sekolah pada umumnya di Indonesia, mahasiswi Universitas Jayabaya, semester VII jurusan Hubungan Internasional ini mengatakan sangat berbeda.

"Beda banget, kalau di Indonesia, karena kelasnya disitu-situ aja, maka temenannya jadi solid. Tapi, kalau disana temennya selalu beda-beda, jadi kalau nggak bisa bergaul, nggak ada temen deh," ucap Fitra.

Soal mata pelajarannya, Fitra memaparkan ada banyak mata pelajaran wajib yang harus diikuti setiap kelasnya, mata pelajaran lainnya siswa dapat memilihnya sendiri, seperti dance class, jazz music, atau kelas seni lainnya.

"Gurunya sudah seperti kawan sendiri. Asik, tetapi tegas kalau soal disiplin. Kita nggak bisa bolos satu hari pun. Sebab setiap kelas akan diabsen, kalau nggak hadir, maka akan ada mesin telepon otomatis yang menghubungi orangtua angkat kita disana," tuturnya.

Meski diakui, cara belajar di luar negeri akan menjadi lebih sulit dibandingkan dengan belajar di Indonesia, tetapi Fitra siap membagi-bagikan tips and triks bagaimana cara belajar di sekolah terbuka yang hari-hari kerjanya (workdays) lebih padat, sibuk dan serius bersama buku-buku tebal dan dosen-dosen yang super ketat.

"Okay, penyesuaian pertama memang agak berat saat 3 bulan pertama, tapi tenang aja, lama-lama semuanya bisa lancar dan tertib kok," kata Fitra sambil menunjukkan inilah tips belajar ala Fitra di sekolah terbuka Amerika.

1. Pertama kali tiba di negara tempat kita belajar, pada masa-masa awal harus serius menjalani adaptasi terutama Bahasa. Usahakan, kamu menjadi orang yang supel, dan banyak bertanya. Kalau ada yang tidak dimengerti, tanyakan saja. Guru-guru di sana selalu siap memberikan materi tambahan pada saat break lunch atau pulang sekolah.

2. Belajarnya harus disiplin dan tertib. Manajemen waktu itu penting, caranya kamu harus mendaftar kegiatan harian kamu dengan sangat apik dan ditaati. Kamu boleh sekali menguti banyak kegiatan, tetapi tugas-tugas belajar harus diatur sedemikian rupa.

3. Bergaul dengan sesama pelajar dan guru, jadi pada saat ada kesulitan, kita dapat langsung berkomunikasi dengan mereka. Ikutlah makan siang, olahraga, atau salah satu kegiatan yang lain dari mereka. Dengan sering bersama mereka, kita sudah menjadi bagian dari komunitas mereka. Tapi ingat, tetap jaga orisinalitas bangsa. Bebas, tapi sopan. Dan jangan lupa, minta kontak person dan media sosial untuk menjaga komunikasi kita.

4. Jaga Kesehatan. Yang ini tidak kalah penting jika kamu sering aktif di lingkungan baru biasanya tubuh juga ikut beradaptasi. Iklim dan cuaca yang baru, kadang kurang cocok dengan kondisi tubuh kita, jadi harus bisa jaga kesehatan agar aktifitas belajar tidak terganggu. Usahakan makan tepat waktu, dan berolahraga secara mandiri
.

Ditulis Oleh : Yandi Mulyadi ~ Semua Artikel Menarik Ada Disini

Yandi Mulyadi Sobat sedang membaca artikel tentang Fitra dan Pengalaman "School Without Walls". Yang diketik tangan Oleh Admin Yandi Mulyadi, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya ya?
Artikel tersebut bisa Anda akses via mobile, klik disini.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template - All Rights Reserved
Copyright © 2012. MBS - News - Proudly Powered by Blogger
Lisensi Creative Commons DMCA.com